Senin, 02 Juni 2014

Jenis Lensa Kamera DSLR

Dalam Fotografi salah satu unsur penting yang dapat mendukung kualitas hasil foto adalah lensa yang digunakan, hal ini karena lensa kamera berfungsi untuk mengantarkan cahaya dari obyek yang dibidik, terutama pada lensa kamera dslr.
Lensa kamera dslr mempunyai beberapa jenis yang mempunyai keunggulan masing-masing untuk memenuhi kebutuhan para fotografer. Nah, bagi para fotografer pemula sangat penting mengetahui jenis-jenis lensa tersebut dan fungsinya masing-masing agar dapat menentukan untuk membawa jenis lensa yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan yang akan dihadapi dan dapat menghasilkan karya foto sesuai keinginan.
Berikut jenis lensa kamera dslr secara garis besar dan keunggulanya masing-masing:

1. Lensa Standart / Kit
Saat ini kamera dslr kelas low-end dan midlle umumnya sudah dijual sepaket dengan lensanya. Lensa bawaan inilah yang biasanya disebut Lensa Kit atau Lensa Standart, disebut demikian karena lensa ini memberikan hasil bidikan dengan perspektif yang natural. Gambar yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan apa yang dilihat mata, tidak ada efek tertentu yang dihasilkan. Hal ini karena Lensa Kit mempunyai panjang fokus sama/sebanding dengan panjang diagonal fokal lensa. Agar dapat memenuhi kebutuhan fotografer yang variatif saat ini Lensa Kit mempunyai zoom dengan focal lenght umumnya 18-55mm.

2. Lensa Wide Angel / Sudut Lebar
Lensa Wide Angel mempunyai keunggulan menangkap gambar dengan bidang yang lebih luas dibanding lensa lainnya, hal ini karena Lensa Wide Angel mempunyai panjang fokus / focal lenght yang pendek, semakin pendek focal lenghtnya maka semakin luas bidang yang dapat ditangkap.
Lensa ini sangat membantu untuk pemotretan indoor dengan ruang terbatas, dengan lensa ini kita dapat memotret lebih banyak orang yang berjejer dari jarak yang dekat, berbeda bila kita mengunakan Lensa Standart maka kita harus mengambil jarak yang lebih jauh hal ini akan menyulitkan bila ruangan yang digunakan mempunyai lebar terbatas. Sedangkan untuk pemotretan outdoor Lensa Wide Angel sangat ideal untuk pengambilan gambar landscape.
Lensa Wide Angel tersedia dalam dua jenis: Fixed Focal lenght dan Zoom,  pada lensa fixed diantaranya 15mm, 8mm, 10mm, 20mm dan banyak lainnya. Sedangkan pada lensa zoom biasanya dengan range 10-20mm, 12-24mm, 11-16mm,dsb.
Kelemahan Lensa Wide Angel adalah menimbulkan efek “distort“, hal ini bisa dilihat pada tepian foto yang sedikit melengkung, obyek berupa bidang tinggi seperti tiang listrik atau menara kadang terlihat melengkung dan pada potret landscape dengan obyek majemuk kadang obyek yang terdekat terlihat sangat besar dan tidak proporsional dibandingkan dengan obyek disekitarnya. Namun, bagi beberapa orang hal ini bisa menjadi efek yang bagus, tetapi terkadang juga berarti efek yang tidak diinginkan. Dalam fotografi masalah tersebut dikenal sebagai konvergensi, Lensa Wide Angel dengan kualitas tinggi seperti Lensa Canon seri L sudah dapat mengatasi konvergensi tersebut dengan baik, namun untuk mendapatkan lansa ini anda harus menyiapkan budjet yang besar.

3. Lensa Tele
Lensa Tele adalah lensa dengan focal length yang panjang, biasanya diatas 100mm. Lensa Tele mampu mendekatkan obyek yang jauh, mempersempit sudut pandang dan mengaburkan/blur pandangan disekitarnya sehingga obyek terlihat lebih dekat/lebih besar dan lebih jelas/lebih fokus.






4. Lensa Zoom
Lensa Zoom sangat istimewa karena mempunyai fungsi yang fleksibel, dengan rentang focal lenght yang panjang maka lensa ini dapat menjadi wide angel pada focal lenght terpendek dan menjadi lensa tele saat diputar pada focal lenght terpanjang. Contoh lensa ini yang paling populer adalah ukuran 18-200mm yang biasa disebut dengan istilah “lensa sapu jagat




5. Lensa Fixed / Prime
Sesuai dengan namanya, Lensa Fixed / Prime hanya mempunyai satu (fixed) ukuran focal lenght, misalnya 35mm, 50mm, 100mm dsb. Lensa ini umumnya mempunyai bukaan diafragma yang besar, misal f/1.4 adan f/1.8 sehingga sangat handal untuk memotret dalam kondisi minim cahaya/low light dan mempunyai kecepatan fokus lensa.
Keunggulan lainnya, lensa ini mampu menghasilkan gambar yang lebih tajam dan efek blur dengan kedalaman ruang yang rendah, yang populer disebut foto “bokeh”. Selain itu Lensa Fixed / Prime mempunyai berat yang ringan dan ukuran yang kecil sehingga mudah dibawa. Satu-satunya kekurangan lensa ini tidak adanya zoom sehingga anda harus melangkah maju-mundur untuk mendapatkan bidang foto yang di-inginkan. Dari berbagai ukuran yang tersedia, ukuran 50mm yang paling populer dikalangan fotografer.

6. Lensa Makro
Lensa Makro ini mempunyai kemampuan close-up yang extreme, mampu mendekatkan obyek yang sangat kecil sehingga terlihat lebih jelas dan hidup, seperti foto serangga apabila menggunakan lensa lainnya hanya terlihat seperti titik maka dengan lensa ini serangga terlihat sangat jelas bahkan sampai ke mimik wajahnya sehingga foto terlihat lebih hidup.


7. Lensa Fish Eye
Pernah lihat foto melengkung seperti separuh bola. Nah, foto tersebut dihasilkan dari lensa ini.











Semoga artikel ini bermanfaat untuk sobat semua
salam Mata Lensa03

Tidak ada komentar:

Posting Komentar