Selamat pagi kawan fotografer, Dewasa ini perkembangan kamera digital begitu pesat, sehingga memunculkan banyak varian dengan berbagai keunggulan masing-masing yang ditawarkan kepada calon konsumen. Ya,, semua jenis kamera yang ada dipasaran saat ini pada dasarnya untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang berbeda-beda dimana tiap segmen tersebut merupakan ceruk pasar yang coba digarap produsen kamera
Namun bagi sebagian orang hal tersebut justru menjadi malapetaka tersendiri, karena justru membuat bingung menentukan pilihan kamera mana yang akan dibeli. Karena itulah sangat penting bagi kita untuk mengetahui jenis kamera digital sebelum memutuskan untuk membeli kamera sehingga kita dapat mengetahui jenis kamera yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.
Secara umum, kamera digital yang ada di pasaran saat ini dapat dikelompokkan menjadi 4 macam :
  1. Kamera saku / Pocket Camera
  2. Kamera Superzoom / Prosumer Camera
  3. Kamera Mirrorless
  4. Kamera DSLR
Kamera Saku / Pocket camera
Sesuai dengan namanya kamera jenis ini mempunyai ukuran yang kecil dan dapat kita kantongi. Kamera ini dibuat untuk memenuhi hasrat kebanyakan orang pada fotografi dengan pertimbangan utama ekonomis, praktis dan mudah digunakan. Intinya tinggal pencet langsung jepret, kalau perlu sambil tutup mata
Karena pertimbangan harga yang ekonomis dan praktis, tentu banyak hal yang dikorbankan di kamera jenis ini dengan jenis lainnya:
  • Setting kamera yang serba otomatis. Bagi yang ingin memotret dengan eksplorasi lebih dalam tentu kamera jenis ini tidak cocok.
  • Zoom yang terbatas. Kita harus menerima dengan lensa yang sudah tertanam di body kamera dengan optical zoom yang terbatas, biasanya antara 5x sampai 10x. Tidak ada opsi untuk dapat menganti lensa yang sesuai dengan kebutuhan.
  • Terdapat jeda saat fokus dan saat kita menekan tombol shutter, sehingga apabila kita memotret untuk mengejar moment tertentu seringkali terlewat.
  • Kualitas foto yang minim, hal ini dapat dimaklumi karena sensor kamera saku yang kecil maka cahaya yang terekam pun terbatas sehingga detail dari warna obyek tidak tertangkap, bahkan dalam kondisi minim cahaya hasil foto cenderung akan kabur dan banyak noise atau bintik-bintik.
Walaupun banyak keterbatasan, namun kamera jenis ini sangat digemari banyak orang. Tentu saja alasannya karena harga yang sangat terjangkau, praktis dan mudah dioperasikan, bahkan anak kecil pun bisa..

Kamera Superzoom / Prosumer camera
Sekilas kamera ini mempunyai bentuk yang mirip DSLR dengan ukuran yang lebih kecil, tapi sejatinya kamera ini sama dengan Kamera Saku / Pocket. Keunggulan kamera ini dibanding kamera pocket adalah kemampuan zoom pada lensanya yang jauh, apabila pada kamera pocket biasanya optical zoomnya antara 5x sampai 10x maka pada kamera jenis ini ada yang 20x sampai 30x. Kelebihan lainnya adalah mempunyai lubang intip / view vinder yang biasanya terdapat pada kamera DSLR dan tidak ada di kamera pocket, hal ini akan sangat berguna saat kita memotret outdoor dengan situasi yang terang dimana biasanya dalam kondisi terang gambar di LCD justru tidak kelihatan jelas karena silau, tentu hal ini akan sangat menganggu saat kita membidik obyek.
Dipasar Indonesia kamera jenis ini dikuasai oleh merk Fujifilm, beberapa seri yang cukup sukses diluncurkan diantaranya adalah FUJIFILM Finepix S2980, FUJIFILM FinePix S4500, dan NIKON Coolpix L810.

Kamera Mirrorless
Kamera ini hampir sama dengan DSLR, perbedaanya terletak pada sistem cermin prisma yang dihilangkan pada kamera Mirrorless sehingga body kamera lebih ramping dan harganya pun menjadi lebih murah dibanding kamera DSLR. Untuk lebih jelas bisa kita lihat pada diagram disamping.
Bagi para penghobi fotografi yang menginginkan kamera setara DSLR tapi dengan harga yang lebih murah dan lebih praktis maka kamera ini adalah jawaban terhadap kebutuhan tersebut, terbukti para profesional pun banyak yang memakai kamera jenis ini dan mereka mengakui kualitas gambar yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan kamera DSLR.
Satu-satunya kendala perkembangan kamera Mirrorless adalah saat ini belum tersedia banyak pilihan lensa dan aksessoris lainnya. Tentu bagi para profesional hal ini menjadi kendala tersendiri ketika mereka akan memotret dengan kondisi tertentu. Namun bagi penghobi fotografi khususnya para pemula kamera ini dapat menjadi salah satu pilihan.
Beberapa merek dan seri kamera berikut adalah contoh dari kamera mirrorles, diantaranya SONY NEX-F3K , NIKON V1, PANASONIC LUMIX

Kamera DSLR
Bagi penghobi fotografi yang ingin lebih mendalami fotografi, kamera ini adalah jawabannya. Dengan kemampuan sensor kamera yang menghasilkan kualitas foto tinggi, pilihan lensa dan aksessoris yang beragam untuk berbagai kondisi dan kontrol penuh atas kinerja kamera kepada sang fotografer maka kamera ini disebut kamera professional.




Nah, bagi yang hanya sekedar ingin memotret untuk mengabadikan moment-moment tertentu untuk arsip pribadi dengan pertimbangan harga yang ekonomis dan praktis maka kamera pocket dan superzoom dapat menjadi pilihan. Namun bila ingin lebih serius mendalami fotografi maka pilihan jatuh pada kamera mirrorles dan DSLR.
Good luck ya kawan jepret-jepretnya...
Ok sekian dulu ya T.T kawan
Salam Mata Lensa03